Jorge Lorenzo Sangkal Dakwaan Menggelapkan Pajak

Posted on

 

Jorge Lorenzo ditunjuk terjebak masalah pencucian uang yang ditujukan untuk menghindar pajak. Juara dunia 5 kali itu menentang dakwaan itu.
Nama Lorenzo masuk ke laporan interograsi Pengadilan Nasional Spanyol yang dikeluarkan medium El Confidential. Bekas pembalap Yamaha, Ducati dan Honda itu diperhitungkan mengubah asetnya ke luar negeri.

Lorenzo didakwa mengalihkan kekayaannya sebesar 865,966 euro (sejumlah Rp 14,7 miliar) ke negara lain untuk absen dari pajak. Tiga negara sebagai maksudnya yaitu dari Andorra, ke Monako, lalu ke Swiss.

Ini bukanlah pertama kali Lorenzo disangkutpautkan dengan masalah penggelapan pajak. Semenjak tinggalkan Spanyol dan tinggal di Swiss pada 2013, X-Fuera diperhitungkan menggelapkan kekayaannya berulang-kali.

Info dari El Confidencial merujuk ke bermacam peninjauan dan laporan yang dikeluarkan administrasi perpajakan untuk Jorge Lorenzo dalam tahun-tahun ini. Pada laporan terbaru tahun 2019, Lorenzo disebut tidak bayar pajak sebesar 40 juta euro (Rp 682 miliar) dalam waktu 2013-2016.

Baca juga : Real Madrid Versus Gladbach: Team Tamu Bukan Hanya Cermati Sergio Ramos

Lorenzo sendiri telah diselidik petugas pajak di Spanyol semenjak 2015

Pria 33 tahun itu bela diri dan mengakui sudah bayar seluruh pajak yang sudah diklaim kewenangan Negeri Matador.

Menyikapi permasalahan itu, Lorenzo mengeluarkan pengakuan khalayak yang berisi sangkalan informasi El Confidencial pada Kamis (10/12/2020). Diakuinya tidak sangsi bawa kasus ini ke ranah hukum buat jaga nama baik dianya.

“Berkaitan dengan penggelapan pajak dan rutinitas pencucian uang ialah info yang keliru dan menyimpang dengan arah menghancurkan rekam jejak saya,” kata Lorenzo dalam pengakuan resminya yang diupload di account Twitter @lorenzo99.

“Walau El Confidencial sudah meralat informasi itu, saya pengin mengingatkan jika advokat saya akan ambil perlakuan hukum pada medium apa saja yang bisa memperjelas hubungan itu dengan pola penipuan,” ia menambah.

“Semenjak 2013 saya tinggal dan bayar pajak saya di Swiss. Faksi berkuasa negara itu menjaga posisi saya selaku pembayar pajak, dan mereka seutuhnya mengenali formasi dan posisi asset saya. Tidak ada yang dikaburkan,”.

“Berkenaan Kewenangan Pajak Spanyol, saya pengin menerangkan jika saya sudah bayar seluruh pajak yang sudah diklaim. Tetapi, advokat saya tidak senang dengan interpretasi Tubuh Pajak Spanyol (yang memandang saya selaku harus pajak Spanyol) dan tuntut pengembalian beberapa dana,” begitu kata Jorge Lorenzo.

Baca juga : Paulo Dybala Kembali lagi Dirumorkan Menuju Liga Inggris

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *